Pembelajaran sains tidak melulu dilakukan di laboratorium atau kelas. Pembelajaran bermakna atau “meanigful learning” akan diperoleh manakala mahasiswa melihat secara langsung apa yang mereka pelajari.  Learning by doing menurut Dale’s Cone Theory terbukti meningkatkan daya retensi mahasiswa dibanding hanya ceramah.

Untuk mendukung misi tersebut, Program Pendidikan IPA IKIP Veteran Semarang mengadakan kunjungan kesalah satu produsen jamu terbesar di Indonesia yaitu PT. Sidomuncul. Kunjungan ini akan dijadikan sebagai agenda fieldtrip tahunan Prodi untuk memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai aplikasi sains.
?

Humas PT Sidomuncul menyambut hangat kedatangan keluarga besar Program Studi Pendidikan IPA pada 30 November 2016 tersebut. Para mahasiswa dan dosen diajak untuk melakukan factory tour mulai dari proses RnD, produksi hingga packaging. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang dilakukan di area agrowisata PT Sidomuncul. Di akhir sesi diskusi, pihak Prodi Pendidikan IPA yang diwakili oleh Ketua Jurusan yaitu Bapak Enggal Mursalin, M.Pd memberikan kenang-kenangan kepada Humas PT Sidomuncul.

Kegiatan fieldtrip dilanjutkan ke Rawa Pening sebagai sarana edukasi mengenai ekologi ekosistem rawa. Mahasiswa melakukan observasi mengenai keanekaragaman hayati di daerah tersebut. Selanjutnya mereka mengambil sampel species untuk dijadikan specimen dan disimpan untuk pembelajaran di lab.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *